Sindrom iritasi usus besar

Irritable bowel syndrome adalah kumpulan gejala akibat iritađắm đuối pada saluran pencernaan. Beberapage authority gejala yang bisa timbul akibat IBS adalah  sakit atau kram perut yang berulang, kembung, diare, atau sembelit. Irritable bowel syndrome (IBS) merupakan kondiham mê berkepanjangan (kronis) yang bersifat kambuhan.

Bạn đang xem: Sindrom iritasi usus besar

IBS lebih sering dialami oleh wanita dan biasanya dialangươi oleh orang-orang berusia di bawah 50 tahun. Munculnya gejala IBS bisa dipicu oleh beragam hal, termasuk stres, konsumsay đắm makanan dan minuman tertentu, sampai perubahan hormonal, misalnya saat menstruasay mê.

*

Penyebab dan Faktor Pemicu Irritable Bowel Syndrome

Belum diketahui secara pasti penyebab IBS. Namun, munculnya keluhan dan gejala IBS diduga berkairã dengan gangguan padomain authority saluran cermãng cầu, termasuk gangguan pergerakan dan kontraksi otot, gangguan padomain authority sistem saraf, peradangan, infekđắm đuối, dan perubahan keseimbangan flora normal di usus.

Faktor risiko irritable bowel syndrome

Selain itu, adomain authority beberapa faktor dan konditê mê yang diduga bisa meningkatkan risiko terjadinya IBS, yaitu:

Berjenis kelamin perempuanBerusia kurang dari 40 tahunMemiliki riwayat IBS di keluargaMengalamày infeksay mê bakteri atau vi khuẩn padomain authority saluran cermãng cầu yang menyebabkan diare beratMengonsumđam mê makanan atau minuman tertentu, seperti gandum, susu dan produk susu, buah yang asam, serta makanan yang mengandung gas, seperti kolMemiliki kebiasaan makan atau minum dalam jumlah yang besar sekaligusMengalamày perubahan hormonal, termasuk menstruasiMenggunakan obat-obachảy tertentu, seperti antibiotik atau antidepresan

Gejala Irritable Bowel Syndrome

IBS akan menimbulkan keluhan dan gejala berupa:

Sakit atau kram perut yang berulang

Gejala ini bisa hilang timbul, mereda dengan sendirinya, semakin buruk, atau berangsur-angsur membaik. Kondisay mê ini dapat berlangsung selama beberapage authority hari, minggu, atau bulan, dan dapat kambuh. Selain itu, gejala lain yang bisa muncul saat seseorang mengalangươi IBS dapat berupa:

Tidak bisa menahan keinginan BABBAB berlendirMudah lelahNyeri punggungCepat kenyangNafsu makan menurun

Irritable bowel syndrome bisa menimbulkan gejala yang berbeda-bedomain authority padomain authority tiap penderitanya. Namun, secara umum IBS akan menimbulkan 4 pola gangguan saluran cermãng cầu, yaitu:

IBS- D, dengan gejala yang paling menonjol adalah diareIBS-C, dengan gejala yang paling menonjol adalah konstipasi atau sembelitIBS-U, dengan gejala tidak khas dan tidak bisa diklasifikasikanKapan harus ke dokter

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika Anda mengalamày keluhan dan gejala yang telah disebutkan di atas. Anda juga perlu segera melakukan pemeriksaan ke dokter jika mengalamày beberapage authority tandomain authority bahaya berikut ini:

Muntah yang semakin sering dan kesulichảy menelanBerat badan yang turun tanpa alasan yang pastiDiare pada malam hariSesak napas dan jantung berdebar-debarKulit tampak pucatBenjolan pada perut atau perut membengkakRasa sakit perut yang tidak membaik setelah kentut atau buang air besar

Diagnosis Irritable Bowel Syndrome

Dokter akan menanyakan keluhan yang dialamày pasien, riwayat keseharã, pola makan, dan obat-obarã yang pernah digunakan. Selanjutnya, dokter akan melakukan pemeriksaan padomain authority perut pasien.

Xem thêm: Cách Khoá Icloud Như Nào? Cách Khóa Iphone Bị Mất Nhanh Nhất 2019

Beberapa teknik pemeriksaan yang bisa dilakukan adalah melihat atau mengamati apakah ada pembesaran padomain authority perut, melakukan penekanan atau palpaham mê untuk melihat ada tidaknya nyeri tekan, ketukan untuk mendetekđắm đuối penyebab pembengkakan pada perut, dan mendengarkan suara bising usus dengan bantuan stetoskop.

Tidak ada pemeriksaan khusus untuk mendiagnosis IBS, tetapi dokter perlu melakukan pemeriksaan lanjutung untuk menyingkirkan penyebab yang lain. Beberapage authority di antaranya adalah:

Diagnosis IBS biasanya akan ditentukan melalui hasil tanya jawab (anamnesa), pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan lanjurã yang diberikan oleh dokter. Salah satu kriteria yang bisa digunakan oleh dokter untuk mendiagnosis IBS adalah kriteria Rome IV.

Pengobatung Irritable Bowel Syndrome

Belum adomain authority obat atau penanganan yang bisa menyembuhkan IBS. Namun pengaturan pola makan dan pemberian obat akan dilakukan untuk meredakan keluhan dan mencegah munculnya gejala. Jika diuraikan lebih lanjut, berikut metode penanganan IBS yang akan diberikan oleh dokter:

Obat-obatan

Untuk meredakan gejala IBS, dokter akan memberikan obat-obatung berupa:

Suplemen serat

Modifikasi pola makan

Penderita IBS juga perlu melakukan modifikaham mê pola makan, yaitu dengan menghindari, mengurangi, atau justru meningkatkan konsummê say jenis makanan tertentu secara bertahap sesuai dengan gejala yang dialamày. Beberapage authority contoh modifikaham pola makan untuk penderita IBS adalah:

Jika mengalamày perut kembung, pasien dianjurkan untuk menghindari makanan yang mengandung gas, seperti kacang-kacangan, kol, brokoli, atau permen karet.Jika mengalamày diare, pasien dianjurkan untuk mengurangi konsumđắm say makanan tinggi serat, seperti gandum, atau makanan yang mengandung pemanis buatung.

Xem thêm: Thông Tư 54 Bộ Công An - Thông Tư Số 54�/tt

Perubahan gaya hidup

Selain itu, perubahan gaya hidup juga perlu dilakukan untuk mencegah kambuhnya IBS dan meredakan gejala yang muncul. Perubahan gaya hidup yang dimaksud meliputi:

Mengonsumham makanan dengan portê mê kecilMengurangi konsummê mẩn alkohol, kafein, dan minuman sodaTidak makan makanan berlemak dan makanan kalengMinum air putih paling tidak 8 gelas dalam sehariMengonsumđê mê buah dengan porham yang cukupMengunyah makanan dengan perlahan dan tidak terburu-buru

Durasi pengobarã IBS tergantung padomain authority kondiđắm say pasien secara umum dan tingkat keparahan gejala yang dialami pasien. Penderita IBS perlu melakukan kontrol rutin ke dokter agar kondisinya dapat terus dipantau dan dokter dapat mengetahui repons tubuh pasien terhadap terapi yang diberikan.

Komplikaham Irritable Bowel Syndrome

Irritable bowel syndrome merupakan penyakit kronis. Kondiđê mê ini bisa meningkatkan risiko terjadinya beberapage authority kompikaham, seperti:

Penurunan produktivitas kerjaGangguan mental, seperti cemas atau depresi

Pencegahan Irritable Bowel Syndrome

Penyebab pasti IBS belum diketahui, sehingga belum ada cara yang benar-benar bisa mencegahnya. Namun, Andomain authority dapat melakukan beberapage authority hal berikut untuk menurunkan risiko terjadinya IBS atau mencegah kambuhnya IBS:

Menghindari konsumtê mê makanan dan minuman penyebab IBSMakan secara perlahan dan tidak terburu-buruMakan dengan porsay mê yang tidak berlebihanMengonsumđắm đuối makanan yang bergiziBerolahraga secara teratur setidaknya 30 menit sehariTidur yang cukup dan tidak begadangMenjalani terapi dan pengobatan yang diberikan oleh dokter secara teraturMengelola stres dengan cara yang positif, seperti dengan membaca buku atau mendengarkan musik

Chuyên mục: Blogs